Sabtu, 08 Februari 2014

Janganlah Pernah Merasa Puas!


Untuk catatan hari ini, Daud mau nulis apa ya? Bingung. Ya, biginilah kalau hati tengah ngak karuan. banyak pikiran. Aku teringat kata kakak senior sewaktu mengikuti pelatihan menulis beberapa bulan lalu, kata kakak, "Kalau kamu lagi bingung sewaktu menulis, bingung apa yang harus ditulis, bingung karena ngak punya ide, atau bingung karena ini karena itu. Maka kamu ngak perlu nunggu mpe ide itu datang atau nunggu semua yang membuat kamu bingung tersebut hilang. Tulis apa yang ada dipikiran kamu. 

Nah, satu hal yang menjadi pertanyaan Aku sekarang, "Apa perlu aku menulis semua yang ada dipikiranku?" Oh tidak. Mana mungkin Aku sanggup menulis semua yang ada dipikiranku. 

Daripada bicara masalah bingung, bingung, dan bingung, lebih baik Daud curhatan aja sama sobat. Gimana sob, mau ngak dengarin curhat Daud? 

Oke! Sekarang Daud akan memulai curhat. Tapi ingat, ntar kalo udah selesai berikan komentar yang membangun yah. biar asyik deh. Hehee... 

Dulu, beberapa bulan yang lalu, Daud pernah menerima SMS dari teman. Ayuuu.... tebak! Apa bunyi SMS-nya?? Ngajakin jalan-jalan? BUKAN. Ngajak nonton Bareng? NGAK toh. Terus apa deh? Mau tahu aja... Hihihi.... 

Sebenarnya isi SMSnya tersebut bukan ngajakin Daud ke sana atau ke sini. SMSnya cukup menarik perhatian bagi Daud. Kenapa Tidak? Teman Daud yang berinial IB itu menanyakan dalam SMS-nya sebuah pertanyaan yang mungkin bagi orang yang sudah tahu jawabannya, alias yang udah pintar, ngak bakal jadi masalah. Tapi bagi Daud ini merupakan sesuatu hal yang baru dan belum pernah terpikirkan sebelumnya. 

Pertanyaannya cukup mudah, gimana hukumnya sholatnya seorang perempuan yang mengenakan mukena yang tanpa tangan, opss... bukan tanpa tangan, tapi tanpa lengan baju, hhheee.... Dan seringkali ketika sujud, telapak tangan si perempuan tersebut tidak langsung menyentuh tempat sujud, disebabkan terlapik kain mukena yang panjang, kendati tanpa lengan baju tersebut. Nah, yang menjadi pokok pertanyaannya, gimana hukum kesahan sholat seorang perempuan yang ketika sujudnya, telapak tangannya tidak secara langsung menyentuh tempat sujud. 

Hmmm... Gimana, mudahkan?? Ya mudah sih bagi yang tahu jawabannya. Tapi bagi Daud itu dulu merupakan suatu yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Aku pun tidak langsung menjawab SMS tersebut dengan jawaban asal-asalan. 

Memang kalau bayangan sebelumnya ada sih sudah untuk jawaban pertanyaan tersebut. Tapi aku masih ragu. Takutnya nanti kalo salah gimana? Hukum ngak bisa dijawab dengan asal-asalan! Batinku dulu.

Aku pun sibuk merujuk kembali ke beberapa kitab untuk mencari jawaban yang sahih untuk pertanyaan tersebut, dari yang kecil sampe yang besar. Wahh... cape juga ya nyarinya. Alhasil, setelah beberpa lama bulak-balik, buka kitab ini, kitab itu, akhirnya Aku pun menemukan juga jawaban yang dicari.
Alhamdulillah. Aku bersyukur atas karunia Allah untukku yang telah membantu Aku dalam mencari jawaban tersebut. Dan Aku juga bersyukur atas kepercayaan teman-teman yang telah beranggapan bahwa hamba yang lemah ini bisa memberikan solusi, sebuah jawaban yang menjadi unek-unek di hati.

Curhat ini bukanlah sebuah kesombongan atau pamer, tapi sebuah tahaddust binni'mah. Karena Allah SWT menyukai orang yang bersifat demikian (lihat ayat terakhir dari Surah Adh-Dhuha). 

Satu hal yang menjadi sebuah pelajaran dari curhat ini, yaitu hendaklah kita sebagai pelajar, santri, atau mahasiswa, dimana masyarakat menganggap kita sebagai kaum elite dalam dunia pendidikan, sudah selayaknya bagi kita untuk selalu siap menghadapi tantangan, siap memberikan jawaban, siap menyumbangkan pemikiran dengan berasaskan keshahihan. Untuk itu tidaklah mudah, kecuali dimulai dari sekarang. Siapkan semuanya dengan belajar, belajar, dan belajar. Janganlah pernah merasa puas dengan apa yang sudah diketahui. Karena kita tidak tahu kapan kita akan ditanya oleh masyarakan tentang suatu masalah yang pelik? Dan kita pun tidak mungkin tahu apakah nanti kita mampu menjawab pertanyaan tersebut. 

Semoga bermanfaat. 

Daud Fathani@2014

http://catatan-kecilku-daud.blogspot.com/p/blog-page_8286.html

Curhat ini mulanya ditulis di akun Facebook-ku "Daud Fathani" pada tanggal 7 Februari 2014

https://www.facebook.com/ahmad.ariansyah
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih atas Kunjungannya.
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India