Senin, 24 Februari 2014

Yuk Menulis....!!!

 
Sob, tahu ngak kenapa Gue begitu bertekad buaaanget harus nulis status setiap hari. Gini ceritanya, pada tahun lalu 2012 gue ngikutin forum kepenulisan di Banjarbaru. yah, tepatnya pada tanggal 12 Desember 2012. Ada banyak hal bermanfaat bagi gue sekembali dari mengikuti acara tersebut. Diantaranya; motivasi-motiivasi seputar kepenulisan begitu terbuka lebar disampaikan para senior, selain mendapatkan beberapa teman baru dari berbagai sekolah tinggi atau universitas. Acara tersebut adalah acara orientasi FLP gabungan. Yakni FLP Banjarbaru  dan FLP Banjarmasin.

Acara yang bertempat di hutan pinus tersebut dihadiri oleh calon-calon penulis terkenal, amiiin. hheee. Wah, kok gue ini penyiar berita atau curhat yah. Ngak penting apa ini namanya, yang jelas, gue nulis ini hanya sekedar belajar menulis, alias latihan menulis, biar terbiasa, sebagaimana amanat kakak2 senior FLP kemarin waktu orientasi.

Sob, kata kakak senior yang udah berhasil menelurkan buku-buku neh ya, memangnya ayam bisa bertelur segala, hehee.... kalau kalian ingin menjadi penulis, ya penulis hebat sekalian, maka mulailah dari sekarang. Yakinkan bahwa kita juga bisa seperti para penulis-penulis buku terkenal itu. Tekadkan, bahwa kamu harus bisa menulis setiap hari, yah, minimal nulis status-lah di FB. Apakan lagi sekarang, menulis itu tidak sebatas hanya bisa dengan menggunakan alat kertas serta pena, tapi sekarang juga bisa dengan menggunakan laptop, komputer, dan bahkan kalau hp yang agak mahalan dikit bisa juga menulis lewat hp. Tapi, menulis SMS-kan itu bagian dari menulis juga lho...!!! hhoo.....

Satu hal yang membuat bingung para pemula, ya, tentunya yang ingin menjadi penulis seperti kita-kita ini donk, hemm., yaitu bingung dalam menentukan tema, bingung apa yang mau ditulis, dan bingung bagaimana cara memulainya. Padahal, dalam menulis tidak begitu ada banyak peraturan, apalagi kalau nulis di buku catatan sendiri, siapa yang melarang. hhee... Memang gue akuin, menulis itu ngak mudah, tapi kata senior dan para ahli tulis, menulis itu mudah dan menyenangkan. Kenapa Gue akuin sulit alias ngak mudah, sebab gue juga baru belajar ini.

Memang kebanyakan para pemula mengeluhkan hal-hal semacam itu, Bingung, bingung, dan bingung. Apa obatnya? Cari sendiri donk di apotek, hihihi. Untuk memulai menulis, seingat gue sih gitu deh kata senior kemarin, tulislah apa yang ada pada pikiranmu, apa yang terlintas dalam benakmu, apa yang kamu lihat dan dengar, tulis. Sekali lagi, tulis. Nah, udah dimulaikan nulisnya. 

Agar tulisan kita lancar, maka selama awal menulis, dari huruf pertama hingga berikutnya, jangan kau baca ulang. Tulislah, tulis, tulis, dan tulis hingga selesai. Sebab, kalau kamu baca sebelum selesai, entar ketika kamu nemuin kurang ini-lah, kurang itu-lah, terus kamu hapus, hapus lagi, dan hapus lagi. yah, kapan selesainya kalau terus-terusan dihapus. Makanya, kalau mau menulis, ingatkan pesan ini, JANGAN DIBACA SEBELUM SELESAI, TULIS, TULIS, DAN TULIS. Nah, kalau tulisan sobat udah selesai, sekarang saatnya membaca ulang dari awal hingga akhir, dan kalau ada yang kurang asam garamnya bisa ditambahin atau dikurangin.

Demikian sob, semoga curhat atau apa-lah ini namanya, bisa bermanfaat bagi gue sendiri khususnya, dan bagi yang membaca umumnya. amiin....

Ditulis oleh: Daud Fathani, 23 Februari 2014

***
Catatan:
Tulisan ini sebelumnya sudah saya tulis di akun fb saya Daud Fathani pada malam tadi. Berhubung malam sudah terlalu larut, jadi ngak sempat saya tulis kembali ke blog ini. 

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih atas Kunjungannya.
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India